Suatu ketika menjelang shalat Isya seorang pemuda menghampiri Rosulullah saw “Ya Rosulullah, ijinkan saya azan menggantikan bilal saat shalat Isya nanti..”
Namun dengan halus Rosulullan menolaknya.. biarkan saja bilal yang azan ya fulan. dengan perasaan kecewa si fulan menuruti kata2 Rosulullah saw. Tetapi menjelang azan subuh pemuda tersebut kembali menghampiri Rosulullah saw
.
“Ya Rosulullah, ijinkan saya azan menggantikan bilal…..” kali inipun Rosulullah saw menolaknya.

Ketika waktu solat dhuhur hampir tiba, lagi-lagi pemuda tersebut menghadap Rosuulullah saw dengan permintaan yang sama.Namun kali inipun Rosulullah saw menolaknya kembali, “Biarkan bilal saja yang azan, ya fulan..”

Rupa-rupanya pemuda tadi benar2 gigih dan tak mengenal putus asa, menjelang shalat ashar, buru-buru si pemuda menemui Rosulullah saw dengan nada memelas, meminta agar dijinkan mengumandangkan azan.
“Injinkan saya mengumandangkan azan shalat ashar ya Rosulullah, sekali ini saja, menggantikan bilal bin rabbah..”
Menyaksikan keteguhan hati dan kesungguh-sungguhan sang pemuda tadi, akhirnya Rosulullah saw mengijinkannya untuk mengumandangkan azan.

Subhanallah!
Pemuda tadi begitu sempurnanya mengumandangkan azan, suaranya sangat merdu dan indah dalam pendengaran semua orang.Sampai- sampai jama’ah shalat ashar penuh sesak karena sebagian penasaran dan bertanya-tanya “siapa pelantun azan tadi?!”.

Terdengar asing di telinga mereka, karena biasanya setiap waktu shalat tiba, mereka hanya mendengar suara azan bilal bin rabbah.

Rosulullah saw beranjak pulang dari masjid setelah menunaikan shalat ashar berjama’ah.Belum sampai membuka pintu rumah, tiba-tiba malaikat JIBRIL menghadang beliau di depan pintu dengan serta merta bertanya kepada Rosulullah saw :
“Ya, Rosulullah, apakah anda sudah menunaikan Shalat ashar??”
“Ya, Insya Allah. Baru saja aku tunaikan shalat ashar berjama’ah di masjid seperti biasanya..” jawab beliau.
“Benarkah?!. .mengapa TIDAK TERDENGAR SUARA AZHAN ASHAR ??”

Subhanallah! !
begitu tinggi nilai sebuah keikhlasan di sisi Allah, sampai-sampai malaikat jibril sama sekali tidak mendengar suara azan yang begitu keras dan dilantunkan dengan indahnya…. .
karena didalam hati si pemuda ada “penyakit”, ingin semua orang melihatnya, memujinya, mengaguminya. ….
Sesungguhnya. .setitik saja ada noda dihati kita,
Maka Allah swt dapat melihatnya dengan sangat jelas…

Mudah2an Allah swt senantiasa menjaga diri kita untuk senantiasa ikhlas dalam beramal,
beribadah karena mengharap ridho Allah swt, dan beramal soleh karena Allah swt semata-mata,

bukan karena ingin dipandang oleh mata manusia yang banyak kelemahan.

Wallahu a’lam bishshawab.. …