Bakso bisa juga orang menyebutnya baso, makanan berbentuk bulat kecil-kecil (sekarang ada yang besar juga), terbuat dari campuran daging giling, tepung sagu dll. Ada apa dengan bakso?. Hari minggu kemarin aku punya cerita menarik soal bakso, satu hari penuh makanan yang aku konsumsi mengandung bakso.

Pertama sarapan pagi kakak perempuan ku membuat nasi goreng yang dicampur dengan bakso yang dipotong unik, kotak-kotak dan kecil-kecil, mmmmm…..yummy…., apa lagi racikan bumbunya pas!!!.

Siang hari kebetulan ada tanteku datang berkunjung dan ikut masak-masak dirumah bersama Ibu, Kakak, dan Istriku, apa yang mereka buat? Sayur sop yang berisi potongan wortel, kol, jamur dan bakso yang serta yang lainnya, suegerrr….

Malam harinya sekitar ba’da maghrib, nah…ini yang paling asyik menurutku, saat asyik santai nonton televisi hujan datang, otomatis hawa dingin dan mendadak perut terasa lapar, aku kedapur hanya ada makanan seperti tadi siang, huh..bosan, pingin buat mie instant, ah…keseringan, nyuruh istri masak, jadi kasihan dari tadi pagi sudah mabok dengan bau kompor dan gas (maklum lagi ngisi alias berbadan dua, doain selamet ya..), lagi bingung mikir-mikir mau makan apa tiba-tiba “ting…ting…ting…” suara pedagang keliling ditengah rintik hujan. Tanpa berfikir panjang lagi aku langsung menghampirinya dan menyuruh abang nya berhenti (bukan berhenti dagang loh ya..). ternyata yang lewat adalah Tukang Bakso langganan istriku, sehat dan tidak mengandung borak serta bahan pengawet (kebetulan penjualnya dekat rumahku dan aku pernah mampir mengintip cara membuatnya), aku jadi berfikir dua kali, beli gak ya? Karena dari pagi kayaknya bakso terus yang aku makan…, tapi karena sudah terlanjur menghentikannya disamping itu juga laper berat mau tidak mau aku membelinya, bosan tidak bosan aku menyantap pesananku, entah karena lapar atau apa ternyata bosan yang kurasakan hilang seketika, bakso itu terasa lebih lezat dari yang kubayangkan, lebih yummy..dari makanan lain yang mengandung bakso yang kusantap sejak pagi hari. Bakso…bakso… kau memang unik dan lezat.

baso.jpg

 cuma ini gambar yang sempet aku jepret, itu juga tidak sengaja, saat istriku sedang foto-foto bersama keponakanku, iseng-iseng jadi deh gambar ini.

 

Iklan