Detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari, hari berganti minggu, minggu berganti bulan, bulan berganti tahun, ahh….. kelamaan pembukaan, hehehehe…… Tidak terasa saudara-saudaraku sesasama blogger, bulan puasa sebentar lagi kembali akan datang, bulan yang penuh barokah, yang penuh pahala, dan penuh rahmat. Biarpun sudah berkali-kali dan terbiasa menghadapi Ramadhan ada baiknya demi bulan yang spesial ini kita membuat persiapan sematang nungkin, bukan hanya makanan, minuman atau pernik2 lain.. tapimental fisik serta yang paling penting Iman kita pun harus sebaik mungkin kita persiapkan (Sok Khotbah Mode On). Nah.. biar seru ramadhan biasanya bukan cuma menyiapkan buka bersama, sahur bersama (Bukan Batal bersama ya..), tapi ada hal-hal yang penting menurut aku untuk dibagi-bagi disini, dari buku yang saya baca, yang musti dipersiapkan adalah sebagai berikut :

1. Berdoa tujuannya agar Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan bulan ramadhan dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kurang suatu apapun, termasuk kurang duit agar kita dapat melaksanakan ibadah secara maksimal, baik puasa, shalat, dzikir, tadarus, dll.

2. Bersyukur, memuji nama Allah SWT atas karunia Ramadhan yang diberikan kembali kepada kita, tapi ingat kawan, jangan hanya saat Ramadhan saja kita bersyukur ya…

3. Bergembira, kita patut gembira dengan datangnya bulan Ramadhan. Selain penuh berkah menurt HR.Ahmad “Pada bulan Ramadhan Allah SWT membuka pintu-pintu Surga dan menutup pintu-pintu Neraka”.

4. Merancang. Apa yang dirancang?, ialah agenda kegiatan agar mendapat manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadhan. Ramadhan hanya 30 hari isilah setiap detik dengan amalan dan perbuatan yang berharga, membersihkan diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

5. Bertekad. Isilah waktu-waktu didalam bulan Ramadhan dengan ketaatan. Tekad yang paling utama adalah jujur, barangsiapa jujur kepada Allah SWT maka Allah akan membantunya dan memudahkannya dalam melaksanakan agenda dan aktifitas-aktifitas kebaikan.

6. Belajar. pelajari segala sesuatu tentang amalan ibadah dibulan Ramadhan. Karena wajib bagi setiap muslim beribadah dilandasi Ilmu. Puasa juga pake ilmu bro… agar puasa kita benar dan diterima oleh Allah SWT.

7. Menyambut, Sambutlah Ramadhan dengan niat dan tekad meninggalkan kebiasaan buruk dan segala perilaku dosa.

8. Bertaubatlah secara benar dari segala dosa dan kesalahan, karena Ramadhan adalah bulan taubat. Jadi ini saatnya kita taubat setaubat taubatnya selain bertaubat dibulan lain.

9. Siapkan jiwa dengan baca Alqur’an dan menghadiri majelis taklim yang membahas tentang hikmah, hukum, dan keutamaan puasa. siapkan diri buatlah catatan kecil untuk kultum tarawih, ba’da subuh atau Ashar dan lainnya.

10. Bukalah lembaran baru yang bersih dengan taubatan nashuha, menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah SAW, mempererat tali silaturahmimenjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat, menurut pepatah bilang Manusia yang paling baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Iklan