Jumat sore yang lalu sepulang dari kantor, sesampainya aku di rumah kubuka laci meja, ada 2 buah surat undangan. Setelah kubuka satu persatu, waw….. keduanya dihari yang sama, 6 Juni 2009, tapi lokasinya amat sangat berlawanan arah.. setelah berunding dengan bundanya ALINDRA akhirnya prosedur perjalanan pun telah disepakati.

Tapi ternyata bukan cuma 2 undangan, dari sms yang diterima istriku ada satu lagi undangan dari orang yang notabene sangat dekat dengan my family. Dia adalah teman kerjaku sekaligus saudara istriku. Dua undangan sudah kulibas habis tanpa ampun hingga menjelang siang hari. 2 kali makan gratis telah aku lewati (Sarapan + Lunch) lumayan kan? dilanjutkan dengan kekampus.

Selesai dari kampus kulanjutkan perjuangan ku menuju undangan yang ke 3. Sesampainya disana dengan santai aku langsung nyelonong masuk ke dalam sambil berteriak, “mana dede yang mau di aqiqah?”  tapi..loh kok.. suasananya berbeda? ada apa ini? selidik punya selidik ternyata aku salah info. Awalnya sang pengundang pernah mengundang diriku untuk acara aqiqah keponakannya yang baru lahir. Dan aku pikir sms yang diterima istriku kemarin merupakan lanjutannya, ternyata aqiqah diundur dan diganti dengn acara lamaran dirinya. Otomatis  dengan baju yang aku pakai seadanya (Kaos Oblong + Celana Jeans) kulanjutkan acara.

Bagi saudaraku(sang pengundang)  sikapku yang santai, cuek dan salah kostum merupakan hal yang biasa, tapi aku merasa gak enak juga dengan hadirin yang lain. Ditengah kebingunganku mataku tertuju pada 2 buah benda yang tergeletak di meja kamar belakang, handycam dan kamera. Setelah mengetahui kedua benda itu milik tuan rumah terbersit diotakku sebuah ide. Setelah meminta izin dari sang pemilik akupun meminjam salah satu dari kedua benda tadi dan beralih profesi dari tamu undangan menjadi sang photografer.. Lumayan pikirku.. inilah caraku agar aku bisa berbaur dengan tamu undangan lain tanpa rasa canggung dan risih, ada sejumlah kepuasan yang aku dapatkan, hadir dalam undangan, berpakaian santai dan gak ribet, bisa foto-foto, plus makan gratis untuk yang ke-3 kalinya.

Iklan