Pagi hari, seseorang tergopoh-gopoh mendatangiku saat di perpustakaan kantor. “Duh… Pren cape banget nih naik cuma 2 lantai aja” ujarnya. “Abis keberatan perut sih” timpalku, dia cuma nyengir. “Gak tau nih bro bisa gendut begini, padahal makanan yang dimakan sama dengan yang lain, apa penyebabnya yah?” tanya-nya lagi. “Mendingan ente cari aja buku mengenai penyebab kenapa perut ente itu bisa menggelembung menyaingi perut bini saat hamil” gurauku sambil menahan tawa. Singkat cerita setelah kami mengubek-ubek Perpustakaan, akhirnya menemukan sebuah buku yang tepat untuk dikonsumsi sahabatku itu. Setelah membaca bersama maka ditemukan penyebab kenapa perut temanku atau bahkan perut teman-teman yang lain (yang merasa sama:mrgreen: ) menjadi buncit atau membesar adalah :

1. Kebiasaan

Kebiasaan makan yang berlebih, makan diluar waktu makan (ngemil:red), dan frekuensi makan yang sering.

2. Salah memilih makanan

Biasanya jenis makanan cepat saji yang berkalori tinggi dan padat energi, berlemak dan gula berlebih.

3. Ngemil

Bila tidak dibatasi, kalori yang akan masuk sangat tinggi karena biasanya makanan yang dikonsumsi saat ngemil adalah makanan yang digoreng, atau kue-kue yang manis dan gurih.

4. Lupa Sarapan

Rasa lapar akibat tidak sarapan akan menyebabkan perasaan kelaparan dan akan mencari-cari makanan camilan atau makan siang yang jumlahnya jauh lebih banyak dibanding kalau sudah sarapan atau makan pagi.

5. Frekuensi makan yang tidak teratur

Bila jarak antara dua waktu makan terlalu panjang akan ada kecenderungan untuk makan lebih lahap dan melebihi batas, apalagi keadaan ini berulang-ulang.

6. Kurang menggunakan energi

Gaya hidup, aktivitas, kegiatan dan pekerjaan berpengaruh terhadap kondisi fisik. Makin majunya transportasi juga membuat seseorang menjadi malas bergerak dengan berjalan kaki atau bersepeda yang notabene dapat membakar kalori. Kesibukan yang meningkat juga menyebabkan seseorang tidak mempunyai waktu berolah raga.

Semoga bermanfaat🙂

disadur dari buku Cara aman menurunkan berat badan, karya Emma S.W

gambar diambil dari sini