Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang apa itu profesi dan apa itu pekerjaan
Profesi merupakan suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian. Perlu penguasaan teori yang mendasari praktek pelaksanaan, dan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek.Profesi juga merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi.
Sedangkan Pekerjaan adalah setiap aktivitas kerja, baik yang menghasilkan imbalan ataupun yang bersifat sukarela/tanpa imbalan. Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang tidak bergantung pada keahlian tertentu.
Untuk mengetahui kapan pekerjaan bisa menjadi sebuah Profesi ada baiknya marilah kita lihat pengertian dari sudut bahasa. Pekerjaaan (occupation)adalah setiap aktivitas kerja, baik yang menghasilkan imbalan ataupun yang bersifat sukarela/tanpa imbalan.Profesi (profess)berarti pengakuan atau merupakan pekerjaan dalam pengertian khusus dan memenuhi persyaratan tertentu.
Kapan Pekerjaan bisa menjadi profesi adalah saat sebuah pekerjaan bisa memenuhi persyaratan khusus antara lain meliputi :

  • Memiliki intelektual dalam ilmu pengetahuan atau sains serta mampu menguasai keterampilan yang cukup.
  • Mengikuti pendidikan dalam bidang ilmu tersebut.
  • Pekerjaan profesi ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada orang lain atau pemakai jasa.
  • Berhasilnya pekerjaan tersebut tidak diukur berdasarkan imblalan uang , tetapi diukur berdasarkan sampai seberapa jauh para pemakai jasa profesi terpenuhi kebutuhannya.

Dalam profesi biasanya memiliki keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoritis, tergabung dalam  Asosiasi profesional, melalui  serangkaian Ujian kompetensi, memiliki lisensi,dan memiliki kode etik.

Sebagai Contoh : pekerjaan sebagai staf operator computer (sekedar mengoperasikan), tidak masuk dalam golongan profesi jika untuk bekerja sebagai staf operator tersebut tersebut tidak membutuhkan latar belakang pendidikan,pengetahuan dan pengalaman tertentu. Namun bisa menjadi profesi jika seorang operator tersebut memiliki keahlian sebagai Software engineer karena seseorang yang bekerja sebagai software engineer haruslah berpengetahuan dan memiliki pengalaman kerja di bidangnya, memiliki lisensi dan Asosiasi Profesional.

Kayaknya sih seperti itu, mudah-mudahan benar:mrgreen: Ada saran ?🙂