Untuk kalian para supporter yang bangga dengan team luar pager negeri.

Panas, jengah, budeg rasanya ketika mendengar kata-kata yang tidak mengenakkan dari supporter Tim Luar.

Beberapa kalimat itu antara lain :
“Ngapain dukung sepakbola Indonesia, gak bermutu”
“Ngapain nonton bola Indonesia, kalah mulu”
“Ngapain lihat bola Indonesia, rusuh mulu”
“Apa yang bisa dibanggakan dari suporter negeri ini”
Lalu aku harus menjawab apa? “kata-kata” apa yang pantas buat orang yang tidak pernah bangga dengan sepakbola negeri ini dan  hanya selalu mempermasalahkan tentang keburukan sepakbola negeri ini?, 🙂 .

Gue cuma bilang, “Wahai orang Indonesia pendukung Tim Luar, gue teringat kata-kata salah seorang suporter Tim Lokal yang sangat loyal disebuah notes FB-nya, dia berkata “gue bukan kalian, tidak seperti kalian yang bangga dengan tim luar, yang cuma bisanya teriak-teriak di depan layar kaca, yang bangga dengan jersey tim luar walau produk indonesia. Gue bangga jadi supporter lokal, karena gue bisa nonton langsung di stadion, gue bisa melihat langsung permainan tim yang gue dukung tanpa di batasi oleh kaca, gue  senang dan bangga karena teriakan gue bisa di dengar langsung oleh pemain”.

Supporter Lokal

Lalu kata suporter Tim Luar, “Suporter Indonesia rusuh terus”,

Gue Jawab: Kalian cuma bisa menonton pertandingannya, “Just pertandingan” bukan tentang berita2 yang lain termasuk berita suporter, itupun cuma dari tipi:mrgreen: . Masalah supporter lokal suka bikin rusuh itu adalah yang di namakan bumbu-bumbu pertandingan,  diluar pun sama, coba kalian tonton film dokumenter “football factory”, di film tersebut menggambarkan dan menceritakan fenomena supporter luar yang lebih loyal, beringas, kasar dan cenderung anarki, dan tidak selamanya supporter lokal itu rusuh. Lalu apa kalian tahu tentang definisi suporter itu seperti apa? tanya diri kalian, apakah kalian pantas disebut suporter?😛

Indonesian Supporter

Lalu kata teman seperjuangan gue (blogger & supporter) : “Sampai segitunya lo nulis di blog?”. Gue jawab : “suka-suka gue, blog-blog gue”:mrgreen: temen gue cuma bisa nyengir tolol😆

Definisi Suporter : suporter itu penonton yang berpihak pada tim tertentu. dengan sangat kreatif membuat jargon-jargon tertentu untuk menamai kelompoknya. Fenomena itu bukan hanya terjadi di negara kita, tapi telah mengglobal di hampir setiap klub di dunia yang mempunyai suporter fanatik.

katanya bola kita rusuh, katanya bola tak bermutu
apapun yang terjadi kami tetap janji
mendukung bola negeri ini
politik berkelahi, saling caci maki
bagi kami football for unity