Menyusul peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada 31 Mei kemarin, maka saya nyatakan bahwa postingan ini telat! (Biarin deh yang penting enjoy).

Menurut majalah LM3 (Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok) yang aku dapatkan Rabu kemarin di Kantor LM3 Komplek Duta MAs Blok D2 No.02 Jl.Fatmawati Raya Jakarta Selatan, ada 10 Presiden AS menjadi korban rokok.

1. John Adams

Presiden AS kedua merokok sejak usia 8 hingga usia 70 tahun, beliau dinasihati oleh Dr. Benjamin waterhouse agar berhenti merokok dengan cara mengiriminya tulisan tentang bahaya merokok. Adam membacanya dan menyesal menjalani kebiasaan buruk tersebut.

2. Andrew Jackson

Presiden AS ke 7, menderita sakit kepala parah akibat merokok. Diperkirakan meninggal karena gagal jantung setelah menderita sesak nafas diawal tahun 1845. Awal April kedua kaki membengkak disusul tangan dan pinggang. Sejak itu beliau tidak bisa berbaribg lurus dan rata selama beberapa bulan, harus dibantu dengan meletakkan bantal di ranjang dan kursinya.

3. Ulysses S. Grant

Presiden AS ke 18 ini sangat menyukai cerutu, menghabiskan 20 batang cerutu sejak terbit matahari hingga terbenam. Menderita kanker tenggorokan dan meninggal tahun 1885.

4. Chester Arthur

Presiden AS ke 21ini merupakan perokok berat, para ahli bedah mendiagnosa suatu penyakit ginjal yang diberi nama penyakit Bright’s. Terdeteksi penyakit jantung dan meninggal pada tanggal 18 November 1886 akibat pendarahan di otak.

5. Benjamin Harrison

Presiden AS ke 23, perokok cerutu sejak tahun 1847. Orang tuanya pernah menyuruhnya berhenti tapi tidak berhasil. Tahun 1990 menderita flu, dua hari kemudian menderita demam panas tinggi serta sakit disekujur tubuhnya. Dia juga mengalami sesak nafas dan jantungnya berdetak cepat. Dia didiagnosa menderita Pneumonia dan meninggal dipelukan istrinya.

6. Grover Cleveland

Presiden AS ke 22 ini juga penggemar cerutu, Dia merasakan sesuatu yang kasar di langit2 mulut sebelah kirinya yang kemudian didiagnosa sebagai kanker, dan terpaksa menjalani operasi rahang. Dia juga menderita Gout dan terlihat pincang saat menghadiri pemakaman Ulysses Grant. Penyakit Gout ini menetap hingga akhir hayatnya.

7. Warren Harding

Presiden AS ke 28 ini pengguna tembakau segala bentuk. Cerutu, pipa, cangklong rokok sampai tembakau kunyah. mempunyai masalah dengan jantung dan sering mengalami sakit disekitar perut pada tahap lanjut penyakit jantungnya. Meninggal pada tahun 1923 karena serangan jantung.

8. Dwight Eisenhower

Presiden AS ke 33, merokok 4 bungkus dalam sehari dan baru berhenti setelah saudaranya terkena kanker tenggorokan. Setelah itu dia tidak pernah merokok lagi dan rokok hilang sama sekali dari benaknya.

9. Richard Nixon

Presiden AS ke 36 ini Istrinya yang menjadi korban rokok, telah lama istrinya menjadi perokok berat, menderita kanker mulut, emphysema dan masalah pernafasan akut. Tahun 1992 dinyatakan terkena kanker paru dan meninggal sehari setelah hari ulang tahun perkawinannya yang ke 53.

10. Ronald Reagan

Presiden AS ke 39 ini awalnya perokok berat dan berhenti setelah divonis menderita kanker pada pita suaranya.

bagi yang ingin mengetahui tentang rokok & masalahnya serta solusinya bisa langsung klik disini

Iklan