Belum hilang dari ingatan kita tentang wabah Flu Burung yang mematikan puluhan warga di indonesia, kini ada lagi satu wabah yang tidak kalah menghebohkan, yaitu merebaknya wabah penyakit Flu Babi yang mematikan lebih dari 140 orang di Mexico sehingga menimbulkan kecemasan warga di dunia.
Memang wabah tersebut belum merembet ke Indonesia. Namun, untuk berjaga-jaga dari serangan flu Babi alangkah lebih baik kita untuk mencegahnya. Ini ada beberapa tips yang disampaikan Working Group ASEAN for One Healt :

1. Cuci tangan anda sesering mungkin.
Mencuci tangan dengan sabun dan air beberapa kali dalam sehari. Keringkan tangan anda setelah dicuci. Jika tidak ada air, anda mungkin bisa menggunakan bahan pencuci tangan dari alkohol.

2. Hindari bersentuhan mata, hidung atau mulut
Virus influenza sering menyebar ketika seseorang bersentuhan dengan penderita yang terkontaminasi oleh kuman, kemudian bersentuhan dengan mata, hidung atau mulutnya.

3. Hindari kontak terlalu dekat
Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit.

4. Tinggallah di rumah jika sedang sakit.
Jika mungkin, tinggallah di rumah dan hindari pusat-pusat keramaian, jika anda sedang sakit. Anda akan membantu mencegah orang lain dari kemungkinan tertular oleh penyakit anda.

5. Gunakan penutup hidung dan mulut
Gunakan sapu tangan atau tisu ketika anda sedang batuk atau bersin untuk mencegah penyebaran virus. Jika tidak punya tisu, gunakan lengan baju bagian depan, jangan pakai telapak tangan. Buanglah tisu di tempat sampah.

6. Tetaplah menjaga jarak.
Jika anda sedang sakit, jagalah jarak dengan orang lain untuk melindungi mereka agar tidak ikut terserang sakit.

7. Terapkan gaya hidup sehat.
Istirahat atau tidur yang cukup, olahraga secara rutin sehingga tubuh bisa aktif, mengelola tingkat stress, meminum air banyak-banyak, memakan makanan bernutrisi.

8. Konsultasi dengan dokter jika anda sakit.
Datanglah ke pusat layanan kesehatan atau dokter jika ada tanda-tanda gejala anda sedang sakit, seperti susah bernafas, pikiran sedang kacau, dan muntah-muntah.

9. Tunda perjalanan jika sedang sakit
Jika anda sedang sakit, sebaiknya anda berpikir ulang untuk melakukan perjalanan dengan pesawat atau alat transportasi lainnya. Jika anda terpaksa harus terbang ke negara yang terserang flu Babi, kemudian anda merasa sakit setelah kembali, maka anda secepatnya harus konsultasi ke dokter.

10. Ikuti perkembangan informasi dari otoritas kesehatan lokal.
Anda perlu tetap mengikuti perkembangan situasi terkini dari wabah influenza dan saran-saran yang disampaikan oleh otoritas kesehatan lokal.

http://vivanews.com

Iklan